Info update
Loading...
Kamis, 18 Februari 2016

Penanganan DBD Di Kota Tarakan Di Tingkatkan

Tarakan-KALTARA POST, kasus demam berdara (DBD) di Kota Tarakan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat kasus DBD masih menggorogoti hidup masyarakat.

Untuk itu berbagai upaya yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan Kota Tarakan. Angka bebas jentik nyamuk masih cukup rendah. Sehingga perkembangannya begitu cepat. Diharapkan ada upaya dari berbagai pihak, termasuk memahami begitu pentingnya kesehatan dalam kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menjadi acuan agar masyarakat terbebas dari penyakit DBD.

Nyamuk Aedies Aehypti termasuk cepat berkembang siklus hidupnya. Berbagai upaya penanggulangan DBD pihak pemkot Tarakan sudah berupaya keras dengan sistim figging ke sejunlah titik rawang DBD. Demikian halnya upaya lain seperti  memperkuat pengamatan kasus , memeperkuat penatalaksanaan penderita, pungkas Dr Tri dari Dinas Kesehatan Kota Tarakan Rabu, 18/2.
Pihaknya pun menghimbau agar masyarakat Kota Tarakan setiap ada kejadian secepatnya melaporkan agar ada tindakan penyelematan dari Dinas terkait. Penyakit DBD sering orang  abaikan pada hal ini masalah serius karena nyawa taruhannya jika terlambat penanganannya.

Sehingga sehingga setiap ada laporan masyarakat sepanjang akurat maka dinas kesehatan tentu menindak lanjutinya.

Upaya yang dilakukan saat ini misalnya melalui fogging namun tidak terlalu bagus. Sehingga saat ini dilakukan , dengan sistim kimia yang mengarah untuk Larvasidasi massal yang bisa bertahan sampai 3 bulan. Sistim ini sangat baik dan efektif, namun agak mahal sehingga harus disediakan anggaran khususnya. Selain itu dilakukan juga cara Biologi melalu media ikan yang bisa memakan jentik nyamuk(Vektor), papar Dr Tri.

Dikatakannya lagi, mengatasi masalah DBD tidak hanya dengan sistim fogging, ada beberapa cara dalam memberantas DBD, namun harus didahului dengan kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan individu, keluarga dan lingkungan.

Dr Tri mengakui bahwa kepedulian masyarakat masih sangat rendah terhadap pentingnya kesehatan lingkungan. Karena kesehatan lingkungan penting dan disinilah cikal bakal jentik nyamuk bersarang jika selalu kotor. Untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat terus berperan aktif mengatasi secara bersama-sama, kunci Dr Tri (Kdr)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top