Info update
Loading...
Kamis, 03 Maret 2016

Wawali ingin pengololaan pasar tertatah dengan baik

Tarakan-Kaltara Post, Wakil walikota Tarakan, Arief Hidayat mengatakan bahwa pasar saat ini sangat erat kaitannya dengan kebutuhan masyatakat.

Karena dipasarlah perekonomian rakyat berjalan, segala aspek kebutuhan dalam kehidupannya terjadi di pasar. Untuk itu pihaknya berharap, ada tatanan atau tata cara yang mengatur dengan baik.

Pasar tempatnya berdagang, berjualan. Dipasar pula roda ekonomi berputar sehingga antara pedagang dan pembeli terjadi transaksi. Untuk itu diperlukan pengololaan yang baik. Mereka harus ditata. Seperti yang ada di pasar tumpah.

Menurut wakil walikota Tarakan, Arief Hidayat keberadaan pasar tumpah memang awalnya ada penentangan dengan macam-macam argumen. Tapi bagi diri Arief Hidayat, semua itu tak menghalanginya untuk terus berada digaris terdepan untuk kepentingan banyak orang.

Dirinya mereima kritikan dari berbagai elemen, tapi tidak menyurutkannya lalu berhenti malahan dia terus agar pasar tumpah tetap berjalan sebagai mana yang diharapkan. Kita menggunakan jalanan demi kepentingan orang banyak kan tak ada salahnya.

Jalanan digunakan hanya sekali dalam seminggu dan disini berputar uang rakyat dalam seminggu mencapai ratusan juta rupiah, pedagangnya untung, pembelinya juga untung karena tidak perlu jauh.

Pasar tumpah memberikan solusi bagi warga untuk datang berbelanja srkaligus berwisata di hari minggu, ujar Hidayat. Diakuinya bahwa awalnya langsung dirinya yang pasang badan dalam pasar tumpah tersebut, termasuk merintisnya.

Setelah berialan dengan waktu pihaknya sudah menyerahkan kepada Karang Taruna dalam segala hal pengololaannya. Karang Taruna yang berperan mengatur pedagangnya, mengatur sistim tempatnya. Saay ini sudah tertata dengan baik.

Bahkan setiap waktu semakin bertambah peminatnya untuk datang berjualan, demikian halnya warga berdatangan belanja dipasar tumpah yang dirintisnya itu.
Masalah pasar tumpah, katannya, semuanya diserahkan kepada Karang Tatuna.

Dia yang mengatur terutama kebersihannya, sampahnya, petugas langsung bekerja setelah selesai waktu pasar. Sehingga jalanan kembali bersih. Sistim pembayaran pedagang jangan memberatkan.

Pedagang kecil boleh masuk dan tidak boleh ditolak. Jangan lah dibatasi yang penting diatur dengan baik. Wawali menyarankan kepada Karang Taruna agar memberikan kemudahan kepada mereka yang mau masuk berdagang. Termasuk untuk pedagang kecil berikan akses juga dipasar tumpah itu.

Para pedagang kategori kecil hendaknya mendapatkan tempat, pedagang kecil harus dihidupkan, dan di pasar tumpahlah tempatnya mengais rezeki setiap minggunya. Arief Hidayat bertutur saat dirinya merintis pasar tumpah seperti ini, banyak tantangannya dan penuh pertimbangan, sorotan datang dan dialamatkan kepadanya.

Namun dirinya tak perna surut dan kendur, toh juga untuk kepentingan orang banyak. Dan rintisan itu sudah dirasakan saat ini. Para pedagang, para penjual menikmatinya dengan pemasukan setiap minggunya. Sementara warga masyatakat tertolong dengan hadirnya pasar tumpah tersebut.

Peredaran uang dan ekonomi rakyat berjalan, setiap minggunya mendatangkan keuntungan yang besar bagi penjualnya, ungkap Arief Hidayat kepada Kaltara Post(Kdr)


0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top