Info update
Loading...
Senin, 12 Maret 2018

Empat Kandidat Paslon Gubernur Beradu Program Pro Rakyat

Makassar, KaryaindonesiaNews.com - Sejumlah lembaga survei telah menganalisis secara akademik bagi kandidat paslon Gubernur dan wakil Gubernur. Khusus untuk lembaga Sinergi Data Indonesia (SDI) yang dirilis di Jakarta, kemarin, menujukkan data 50,60 persen masyarakat Sulsel adalah pemilih rasional, 26 persen pemilih sosiologis dan selebihnya pemilih psikolgis.

Angka pemilih rasional berdasarkan temuan lembaga SDI, menurut Akademisi Sosiologi Politik UIN Alauddin Makassar, Muhammad Ridha, membuka peluang cukup besar bagi paslon Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) dan Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

“Sebab orang-orang memilih dengan rasional berdasar pada kriteria-kriteria etis yang sudah dibentuk baik oleh sejarah, kejadian-kejadian, oleh track record calon dan kinerja atau prestasi yang diraih,” ujar Ridha kepada awak media on Line, Senin, 12/3/18.
Lebih jauh dikatakannya bahwa pasangan diatas sangat berpeluang merah hatinya masyarakat diangka yang kami paparkan diatas.

Dijelaskan Ridha, dengan asumsi kriteria pemilih rasional di atas, maka paslon Nurdin Halid - Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) diprediksi sulit menggarap para pemilih rasional yang didasarkan penilaian jejak rekam paslon tersebut.

Menurut dia, tingkat pendidikan tinggi di Sulsel adalah basis data umum mengenai kriteria pemilih yang rasional. 

“Jakarta memperlihatkan kasus yg mirip. Calon yang bermasalah akan kalah oleh calon yang baik, bersih dan berprestasi,” katanya.

Selain itu, dari segi struktur etnisitas dan keterwakilan wilayah, sepertinya paslon IYL-Cakka, memiliki modal geografi dan postur keterwakilan wilayah yang baik. 

IYL menurutnya merupakan representasi figur dari wilayah selatan khususnya di daerah-daerah yang menggunakan bahasa bugis Makassar.

“Dan Cakka bisa memberi pengaruh pada daerah Utara di daerah-daerah berbahasa Tae dan bahasa Bugis di daerah Luwu yang berada di sekitar 4 kabupaten kota itu. Mungkin pemilih sosiologis itu akan lebih cenderung didapatkan oleh IYL - Cakka,” tandasnya/ KaryaindonesiaNews.com( Kadir SiJaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top