Info update
Loading...
Selasa, 18 September 2018

Petani Gowa Tuntut Tanggung-Jawab BBWSP-J. Janjikan Air Sampai Bulan September.

Petani Gowa Tuntut Tanggung-Jawab BBWSP-J. Janjikan Air Sampai Bulan September, namun baru memasuki awal September air sudah tidak ada, akibatnya petani gigit jari.
"Padi petani mengalami kerugian besar atas atas kekeringan yang dialami"

Gowa (Karya Indonesia) Tidak profesionalnya pengololaan air untuk petani, membuat ribuan hektar padi mengalami kerugian. Menyusul air yang dijanjikan pihak terkait sudah tidak ada.

Pada hal petani sangat membutuhkan mengingat sawah mereka yang sudah ditanami padi yang baru berumur 2 minggu lebih, sudah mulai kekeringan. Pada hal bulan September ini sebagai mana yang dijanjikan air masih berjalan normal, ternyata hitungannya salah besar, ungkap para petani.

Akibatnya para petani yang mengalami kerugian besar, sawahnya mengalami kekeringan, akibatnya padi yang berumur 2 minggu lebih ikut kering.

Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang yang menjamin ketersediaan air sampai bulan September 2018. Ternyata hanya hitungan belaka karena masuk bulan September ini sesuai janjinya air sudah tidak ada mengalir.

Sementara para petani sudah terlanjur menanami sawah mereka dengan padi. Pernyataan pihak terkait seperti Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang yang diputuskan dalam rapat KOMISI IRIGASI pada bulan April 2018, beber sejumlah petani yang menganggap pengololah pengairan tidak profesional. Akibatnya ribuan petani di Kabupaten Gowa merasa dirugikan.

Lebih jauh dikatakan, bahwa seandainya kita para petani tidak memegang penegasan dari instansi terkait tentulah kita tidak mengalami kerugian seperti ini. Padi yang kita tanam ini dari awal sudah mengeluarkan biaya besar, dari bibit dan pengolahan sampai biaya tanam sudah kita keluarkan, beber petani dari Gowa.

Sementara pihak BBWSP-J saat dihubungi selulernya atas keresahan para petani di Gowa,  pihak Balai tidak memberikan jawaban, karena nomor yang dihubungi tidak aktif (Kadir Sijaya)


0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top