Info update
Loading...
Kamis, 11 Oktober 2018

AU Adalah Kita, Sepenggal Kisah Tentang H. Amir Uskara, Anggota DPR RI Asal Gowa


Gowa (Karya Indonesia) - Kisah sosok Amir Uskara dimulai saat masih remaja sebagai pekerja keras, Dg Mangung sapaan akrabnya sampai sekarang, membantu usaha kakeknya sebagai penjual beras di Sungguminasa. Bagi diri H. Mangung berdagang adalah usaha berkah yang digelutinya sejak usia anak-anak sampai remaja bahkan sampai kuliah.

Sosoknya yang merakyat dan senyum lepasnya yang tak bisa hilang dalam dirinya. Membuat H. Mangung tak bisa lepas dari rakyat bahkan warga menyebutnya "Amir Uskara adalah kita". murah senyum dan menyapa tak bisa terlupakan, baik kepada semua orang, tentu kunci keberhasilan dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat terlebih dalam dunia politik.

Dengan berlatar belakang pedagang beras oleh ayah dan kakeknya tentu menjadi modal usahanya laris. Dirinyapun ikut serta dalam usaha orang tuanya. Namun dirinya terus belajar, bahkan dia perna mencoba menjadi taruna Akabri, namun gagal.

Tapi bagi Amir Uskara tak outus harapan lanjut menjadi mahasiswa FT Unhas, lalu pindah di Kedok Unhas dan hijrah ke Unpad Bandung sebagai mahasiswa Kedok. Tidak selesai di FK Unpad, akhirnya Amir pulang kampung dan memilih jalur bisnis.

Dalam dunia politik, sejak muda Amir jatuh cinta dengan Ansor dan NU. Mulanya menjadi kader PPP dan terpilih jadi anggota DPRD Gowa, Wakil Ketua DPRD Gowa dan naik kelas menjadi anggota DPRD Sulsel hingga lolos ke Senayan menjadi anggota DPR.

Tak banyak orang tahu kalau Amir satu-satunya anggota DPR dari Sulsel yang pernah duduk di Badan Anggaran dan Komisi XI yang membidani anggaran keuangan. Dalam banyak hal, Amir telah terlibat langsung melahirkan Undang-Undang Pajak, Keuangan dan Amnesti Pajak.

Semasa menjadi ketua PPP Sulsel, Amir telah mampu membesarkan PPP Sulsel dengan berbagai terobosan. Baginya, PPP adalah tempatnya berlabuh untuk mengabdi pada rakyat Sulsel. Inilah beberapa potret pengabdian politisi asal Pallangga Gowa yang dikenal sangat santun dan murah senyum ini.

Tempat Lahir : Sungguminasa
Tanggal Lahir : 09/12/1965
Alamat Rumah : Komplek Cemara Hijau Asri Blok B No.9, RT.003/RW.001 Kel.Tombolo, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Partai : Partai Persatuan        Pembangunan (PPP)
Dapil : Sulawesi Selatan I
Komisi XI - Keuangan, Perencanaan Pembangunan, Perbankan (pernah)
Komisi III - bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan, itulah sekelumit kisah perjalanan putra Gowa yang sudah bertengker di Senayan. Sebagai putra asli Gowa dirinya hanya ingin mengabdi kepada masyarakat luas. (Kadir Sijaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top