Info update
Loading...
Kamis, 25 Oktober 2018

Lapas Kelas I Makassar Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele Kerja Sama Dinas Perikanan


Makassar (Karya Indonesia) Bertempat di area Kegiatan Kerja Lapas Makassar, Penangkaran Ikan Lele. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar ikutkan 30 warga binaan lapas dalam kegiatan pelatihan pengembangan budidaya ikan lele bersama Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar. Kamis (25/10/18).

Dalam kegiatan ini WBP akan diberikan pelatihan dari pemateri, Prof.Dr. Patang,S.Pi.,M.Si dari Fakultas Perikanan Poleteknik Pertanian Negeri Pangkep, dan Dr. Ir. Zainuddin,M.Si dari fakultas ilmu kelautan Universitas Hasanuddin.
Pada kesempatan ini akan membahas tentang pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya ikan lele, dan pembuatan pakan dengan memanfaatkan Bahan di sekitar kita.

Sebelum memulai kegiatan, terdapat penyampaian laporan panitia dibacakan Takdir,S.ST, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produksi budidaya ikan lele, terkhusus bagi WBP  sedang bermukim di Lapas Makassar, sumber dana digunakan bersumber dari APBD Kota Makassar.

Sementara itu, pelatihan ini dibuka oleh Kepala Satuan Kerja Lapas Makassar, Budi Sarwono, Bc.IP., SH, M.Si dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih untuk Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, "Saya sangat bersyukur masih ada perhatian oleh Pemerintah Kota Makassar terhadap pembinaan di Lapas, terkhusus pada Dinas Perikanan dan Pertanian, saya harapkan kedepan pelatihan seperti ini dapat berlanjut tidak berhenti pada pelaksanaan kegiatan hari ini saja" Sambut Kalapas.

Hj. Santy Susilawati selaku Kepala bidang Perikanan, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, turut memberikan sambutan, dengan  mengucapkan banyak terima kasih atas penerimaan kunjungan kami.

Dalam hal ini juga dia menerangkan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan pengembangan ikan lele sekaligus memberikan sedikit gambaran mengenai pengaplikasian budidaya ikan lele.

Diketahui bahwa, Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan penyuluhan perikanan dari penyuluh perikanan kec. Rapocini, A. Muh. Wahyudi, S.Stpi, sebelumnya telah melakukan pemantauan lapangan di Lapas Makassar, juga telah melakukan bimbingan terhadap beberapa WBP yang mengikuti pembinaan budidaya ikan lele oleh Wahyudi.

Sesi selanjutnya, pemaparan Materi dari akdemisi ahli bidang perikanan. Kedua pemateri ini menjelaskan mengenai teknis pemeliharaan ikan lele, Jenis-jenis Ikan, penyakit yang menjangkit Ikan Lele, Jenis Pakan ikan lele dan gambaran mengenai penanggulangan penyakit terhadap penangkaran ikan lele, besarnya Kolam penangkaran ikan lele dan Volume air yang mengisi kolam tersebut, serta  menjelaskan mengenai teknik dan pengambilan sampling pakan ikan lele.

Sebelum mengakhiri kegiatan, dibuka sesi diskusi mengenai materi yang telah dipaparkan oleh kedua pemateri, terdapat 3 pertanyaan yang disampaikan oleh WBP yang menanyakan seputar, pemberian pakan Lele, jenis penyakit ikan lele dan penanggulangannya, serta bagaimana cara mengsortir Ikan lele yang besar dan kecil, tandasnya. (Kadir Sijaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top