Info update
Loading...
Rabu, 03 Oktober 2018

Pelayanan Puskesmas Kampili Disikapi Wakil Rakyat

Pelayanan Puskesmas Kampili Disikapi Wakil Rakyat Gowa karena dianggap mengecewakan diagnosanya tidak akurat, sehingga nyaris nyawa melayang andaikan keluarga pasien tidak melakukan inisiatif sendiri dengan cara membawa anaknya ke RS untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Gowa ( Karya Indonesia) Sebelumnya diberitakan pasien demam berdarah desa Pallangga tidak mendapatkan pelayanan memuaskan malah mendapatkan perlakuan tidak beretika dari oknum perawat puskesmas Kampili.

Kronologinya begini, ibu pasien Nursida Yusuf, akhirnya buka bukaan terkait pelayanan tidak layak dari oknum perawat. Melihat gejala bercak merah pada lengan tidak sesuai dengan hasil tes darah pihak puskesmas Kampili mendiagnosis anak saya terkena penyakit tipus.

Terus terang saya meragukan diagnosa mereka karena sudah puluhan bintik merah di lengannya dan gejalanya di internet tidak seperti penyakit tipus, maka saya berinisiatif untuk minta dirujuk saja ke rumah sakit Syech Yusuf tetapi mereka sepertinya tersinggung karena ketidak percayaan terhadap diagnosa mereka.

Lanjut menceritakan, Ibu tiga anak ini, mereka tidak mau memberikan rujukan kalau atas permintaan pasien kecuali rujukan dari pihak puskesmas Kampili sendiri tetapi karena saya ngotot akhirnya di berikan rujukan tetapi paling tidak mengenakkan anak saya harus di cabut infusnya dan harus bertanda tangan padahal sudah sekarat," tuturnya

Sesampai di rumah sakit ruang IGD Syech Yusuf langsung tes darah dan menyusul adiknya juga ikut tes darah, tidak berselang lama keduanya di diagnosis terjangkit penyakit Demam Berdarah. Hampir saja keluarga saya mengalami Malpraktek di puskesmas Kampili," terang orang tua pasien.

Untuk itu, masyarakat berharap agar pemerintah Kab Gowa khususnya Dinas terkait agar menempatkan orangnya yang profesional. Termasuk memperhatikan kondisi Puskesmas yang memerlukan pembenahan dari sisi sarana prasarananya.

Masyarakat Kampili sangat jauh dari RS Sungguminasa, sehingga memang perlu perhatian serius pemerintah untuk melengkapi dari SDM dokter maupun sarana puskesmas. Ini penting untuk menghindari keluhan demi keluahan pasien maupun kularganya. Jangan yang di pertontonkan ketidak pedulian dan tanggung jawab profesionalis tidak ada, ungkapnya lagi.

Terkait dengan itu, wakil rakyat angkat bicara bahwa dalam waktu dekat akan mengadakan kunjungan kerja ke Puskesmas Kampili. Melihat langsung keadaan sarana puskesmas. dan nantinya akan menjadi dasar referensi kami mengundang kepala dinas kesehatan Kabupaten Gowa.

Untuk mencari solusi terkait masalah di alami masyarakat, salah satu contohnya yaitu Keluarga Nursida Yusuf Dg Simba," ujar Ketua Komisi 4 DPRD Gowa ini. Lebih jauh dikatakan bahwa pelayanan yang baik bisa berjalan kalau wadah dan sarananya bagus. Termasuk tenaga medisnya, sehingga pemerintah harus turun tangan membenahi pasilitas umum seperti Puskesmas itu, beber wakil tersebut. (Kadir Sijaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top