Info update
Loading...
Selasa, 06 November 2018

Warga Binaan Lapas Makassar Panen Raya Cabai Rawit, Siap Jadi Pemasok


Keberhasilan warga binaan Lapas Makassar dalam panen Raya Cabai, kini siap jadi pemasok disejumlah pasar untuk memenuhi komsumsi cabai masyarakat di Makassar.

Makassar (Karya Indonesia) Salah satu kegiatan kerja Lapas Kelas I Makassar dalam bidang perkebunan dan pertanian. Salah satunya penanaman cabe rawit ditanam dalam lahan Lapas Makassar, Selasa (6/11/18).
"Kepala Lapas Makassar di kebun Cabe yang berhasil ditanam warga binaannya"

Cabai Rawit atau cabai kathur, merupakan buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Beragam jenis cabai dipanen mulai dari, cabai jawara, cabai F1, cabai panah merah, cabai kriting, cabai Thai pepper, sampai cabai detil pepper juga dipanen dikebun Lapas Makassar. Kepala Satuan Kerja Lapas Makassar, Budi Sarwono, menyempatkan memanen langsung cabai rawit tersebut, bersama Kepala Bidang Pembinaan, dan jajaran kepala seksi kegiatan kerja.

Mengenai harga cabai, akan dipasarkan pada penjual, menyesuaikan dengan harga pasar setempat dan pembeli. Selain itu langkah selanjutnya untuk pemasaran akan diperluas lagi hingga ke pasar gowa, jelas Kepala Seksi Pengelolaan Kerja Lapas Makassar.

Sementara itu, untuk pemasokkan cabai akan terus ditingkatkan tergantung permintaan pasar setempat, mengenai laba pemasaran ini, diberlakukan persen antara Bidang kegiatan kerja Lapas Makassar, Pemilik Modal, dan Warga Binaan Lapas turut andil dalam kegiatan kerja tersebut.

"Kunci ketersediaan pasokan cabai rawit Lapas Makassar adalah disiplin, melaksanakan manajemen pola tanam yang telah dibuat dengan sebaik baik mungkin, serta berusaha keras untuk meningkatkan kualitas cabai dimiliki Lapas Makassar" masukan Kepala Lapas untuk Bidang Kegiatan Kerja dan Warga Binaan mengikuti pembinaan tersebut.

Saya harap kedepannya pemasok cabai dari Lapas Kelas 1 Makassar juga dapat bersaing dengan pemasok cabai Lokal. Hingga pemasok berkualitas Nasional, jika perlu Internasional sekalipun" tambah Kalapas.(Kadir Sijaya)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top