Info update
Loading...
Sabtu, 16 April 2022

Seniman dan Masyarakat Sulsel Berharap Pesta "Seni Gau Maraja III" Segera Terlaksana



MAKASSAR (MEDIA INDONESIA HEBAT) Perhelatan Seni Budaya yang diramu dalam pentas "Gau Maraja" sukses menggaung dua tahun berturut-turut yakni 2019 dan 2020. Pelaksanaan Gau Maraja 2021 rupanya tidak bisa terlaksana karena hebat-hebatnya Pandemi Copid19. Yang seharusnya berjalan tahun 2021 untuk Gau Maraja III.

Hal ini diakui Kepada BPNB Sulsel, Andi Syamsu Rijal, SS.M.Hum karena pesta seni budaya dalam kemasan "Gau Maraja" sudah masuk dalam agenda tahunan. Artinya pelaksanaannya harus setiap tahun, namun kerena terkendala satu dan lain hal sehingga tidak bisa utuh setiap tahunnya, bebernya.

Kita berharap kedepannya bisa dilaksanakan rutin, kami tahu teman-teman dari kelompok seni dan budaya terutama Sanggar Seni yang selama ini ikut memeriahkan acara yang sudah masuk kategori Nasional pastilah bertanya.

Tapi Insyaallah menurut Kepala BPNB, Andi Syamsu Rizal akan menyusul Gau Maraja III tahun ini (2022) bebernya saat di hubungi melalui WA nya beberapa hari lalu.

Pegelaran "Gau Maraja" ini sudah teragenda dalam kalender Nasional. Sehingga kedepannya kita bisa menyaksikan pesta seni budaya ini secara rutin. Semoga Pandemi Copid19 segera juga berakhir, katanya. 

Selain itu, disetiap Pegelaran Gau Maraja begitu banyak orang bisa mencari hidup didalamnya, para pedagang tentu menghasilkan uang. Ekonomi rakyat bergulir, seniman tentu tidak nganggur, ada aktifitas sehingga menghasilkan. Olehnya itu Masyarakat dan para seniman khususnya sanggar seni tentu sangat berterima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BPNB Sulsel sebagai pasilitator dan penggagas sehingga Gau Maraja bisa terlaksana di Sulsel.

Kita tahu bersama, bahwa pelaksanaan Gau Maraja selalu melibatkan penari massal dan pemusik. Sehingga didalamnya mengandung makna yang sangat dalam disetiap pelaksanaannya. 

Pelibatan seniman sangat dominan, karena mereka berkarya, menciptakan seni dalam segala keindahannya sekaligus menjadi hiburan. Karena dengan Gau Maraja, seniman berkumpul bersama menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

Olehnya itu, melalui BPNB Sulselbar, Andi  Syamsu Rijal bersama tim untuk menindak lanjuti Gau Maraja III agar bisa terlaksana dengan baik. Setidaknya bisa sama gaungnya dipelaksana Gau Maraja I ataupun II. 

Olehnya itu, kami berharap semua elemen yang perna ikut ambil bagian didalamnya bisa kembali berperan serta untuk suksesnya Gau Maraja III yang direncanakan dari Tanggal 27-28/9/22 mendatang. Sehingga Gau Maraja ini akan memberikan nilai tambah kepada para seniman dalam menghasilkan. 

Festival seni budaya Gau Maraja dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai sumber pendukung anggarannya. Pesta Gau Maraja tersebut menampilkan sejumlah pertunjukan seperti seni tari massal, seni teater, seni rupa  dan seni musik yang bertujuan menjaga kelestarian nilai seni budaya sebagai kebanggan bangsa.

Ratusan seniman lokal dari berbagai sanggar seni ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dua kali pelaksanaannya kata Andi Syamsu Rijal telah mampu menghipnotis masyarakat Sulsel disetiap Pegelarannya. Semoga rencana Gau Maraja III tahun 2022 ini bisa terselenggara sesuai jadwal dan kita semua bisa menyaksikannya seperti halnya Gau Maraja I dan II berjalan sukses. (Kadir Sijaya/Red/MIH)



0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top