Info update
Loading...
Jumat, 17 Juni 2022

Mantap, Ada 4 Kementrian Mendapatkan Anggaran Jumbo Tahun 22-23.

JAKARTA (MEDIA INDONESIA HEBAT)  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ada beberapa kementerian yang memiliki anggaran jumbo setiap tahunnya. Kementerian tersebut adalah :

-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

-Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

-Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Bendahara negara ini menuturkan, besarnya anggaran di empat kementerian itu didasari oleh beberapa program prioritas Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045.

Untuk menjadi negara maju, Indonesia perlu memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, dan infrastruktur dasar.

Undang-Undang mengamanatkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total belanja negara, sementara anggaran kesehatan sebesar 5 persen dari belanja negara.

"Maka Bapak/Ibu akan melihat belanjanya Menteri PUPR masih tinggi, Menteri Perhubungan tinggi. Kesehatan, pendidikan walau sebagian sudah ditransfer ke daerah, mereka masih termasuk belanjanya yang tertinggi. Itu karena kita memang menekankan pada SDM termasuk pengadaan infrastruktur dasar," kata Sri Mulyani di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6/2022) 

Wanita yang karib disapa Ani ini menuturkan, sektor kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, dan kualitas infrastruktur dasar sangat mempengaruhi kualitas SDM. Buktinya, tidak ada negara atau daerah maju yang memiliki kualitas infrastruktur buruk.

Menurut Sri Mulyani, negara maju pasti memiliki sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang baik sehingga tidak kekurangan air bersih. Dengan begitu, warganya pun tidak mudah terkena diare atau penyakit. Masyarakat sehat negara akan lebih kuat.

Sehingga didalam pembayaran pajak rakyat tentu tak ada kendala sehingga negara akan maju bersama rakyat.(Kadir Sijaya-TRI/Red/MIH)



0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top