Info update
Loading...
Kamis, 30 Juni 2022

Mantap, Takalar Sabet Juara Umum 3 MTQ Di Bone.

BONE (MEDIA INDONESIA HEBAT) Berkat usaha dan Doa Masyarakat Takalar, Kontingen MTQ Takalar sabet perolehan medali terbanyak ke 3 sehingga Takalar mendapatkan predikat juara umum ke tiga.

Prestasi sangat mengharukan sekaligus membanggakan, Kafilah Kabupaten Takalar tercatat dan memecahkan rekor juara umum 3 dalam lomba MTQ tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan di Kab Bone.

Keberhasilan ini tak lepas dari tangan dinginnya seorang Sekda Muh Hasbi, relakan waktunya ke Bone memberi support yang tentu saja tak lepas dari DOA. Bekerja semaksimal mungkin sehingga Takalar bisa sejajar dengan daerah lain dalam lomba MTQ bergengsi seperti ini.

Menjadi juara umum 3 dalam perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Sulawesi Selatan ke- XXXII di Kabupaten Bone adalah prestasi yang sangat mengharukan sekaligus membanggakan masyarakat Takalar.

Menurut Sekda Takalar, kalau lomba lain itu dianggap biasa saja tapi kalau ini, berkait dengan Agama Islam khususnya baca Alquran, Tajwid, hapalan dan terjemahan 30 jus adalah sesuatu yang sangat luar biasa, pungkas Muh.H.Hasbi Bantang di Masjid Pemda Takalar dua hari sebelum pengumuman.

Dirinya sangat yakin bahwa Takalar memang mendapatkan juara umum 3, hal ini disampaikannya dalam masjid Pemda Takalar yang berhasil dikutif wartawan media ini sebelum berangkat ke Bone.

Upaya mendatangkan pasukan berkuda yang banyak di acungi jempol dan bahkan menjadi buah bibir masyarakat Bone adalah pasukan kudanya dari Takalar. 

Pemerintah Takalar, khususnya Sekda memang jauh-jauh hari sudah mempersiapkannya, bahkan pada saat pelepasan terakhir Hasbi sangat berkeyakinan bahwa Takalar akan memboyong juara dalam hajatan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan yang di helat di Kabupaten Bone tersebut.

Kafilah berhasil menunjukkan kemampuannya sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Takalar dengan membawa pulang 6 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt,M.M didampingi Kepala Kantor Kemenag Takalar, H. Muhammad, dan Sekda Takalar H. Muh. Hasbi,  menerima langsung piala bergengsi tersebut di Stadion Lapatau, Kabupaten Bone, Kamis 30/6/22.

“Saya mengapresiasi kafilah yang telah mengantar Takalar masuk menjadi 3 besar melalui perolehan medali yang signifikan, ini perolehan tertinggi sejak Takalar mengikuti ajang bergensi MTQ. Kita berdoa semoga tahun-tahun mendatang Takalar mendapatkan posisi yang lebih baik lagi dengan perolehan medali emas, beber Bupati Takalar H.Syamsari Kitta.

Lebih jauh dijelaskannya bahwa dirinya atas nama pemerintah Takalar sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perolehan ini baik eksekutif, legislatif, unsur forkopimda, Kemenag Takalar, ormas dan seluruh komponen masyarakat Takalar, pungkas Syamsari.

Lebih jauh disampaikan terkhusus kepada pelatih, pendamping dan seluruh peserta lomba yang telah mengharumkan nama Kab Takalar, semoga Allah SWT membalas semua jerih payah dengan pahala berlipat ganda, ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ sekaligus Sekda Takalar H. Muh. Hasbi menyampaikan bahwa
Kafilah yang diikutkan dalam lomba ini telah lama dipersiapkan untuk mengikuti MTQ di Bone. Kami sangat bersyukur karena target yang dicanangkannya  adalah juara. Alhamdulillah kita bisa mendapatkan juara umum ke 3, ini prestasi luar biasa, ujar Hasbi.

“Mereka di dominasi oleh putra putri lokal, adapun beberapa warga luar yang kebetulan mondok di pesantren Takalar juga kita ikutkan berlomba. Mereka dikarantina dan dilatih khusus oleh pelatih profesional,” Papar H. Hasbi yang juga merupakan ketua Kontingen MTQ Kabupaten Takalar.

Cabang lomba yang berhasil dimenangkan oleh peserta yang mewakili kabupaten Takalar yakni, Tartil, hafalan 1 juz putra, 10 juz putri, tafsir inggris , 30 juz putra, dan MSQ putra.

Untuk diketahui, Kabupaten Takalar mengirim 45 kafilah untuk bertanding pada sejumlah cabang lomba. Sebelas peserta berhasil lolos masuk dalam final.

Diantaranya, cabang lomba Tartil Putra, tafsir bahasa Indonesia Putri, Tafsir bahasa Inggris putri, Tafsir Inggris Putra, hafalan 10 juz putri, Qoriah Remaja putri, hafalan 1 juz putra, MSQ putra, hafalan 20 juz putra, hafalan 30 juz putra, dan Khat Dekorasi Putri.

Prestasi ini menambah deretan penghargaan Kabupaten Takalar dalam ajang MTQ tingkat Provinsi maupun STQH diantaranya Juara 1 Qoriah dewasa tahun 1999 di Kabupaten Majene, Juara 2 Hifdzil 20 juz STQH tahun 2017 di Pare-Pare, Juara 3 Hifdzil 5 juz dan tilawah MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sidrap tahun 2020.(Kadir Sijaya-Tri/Red/MIH)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top