Info update
Loading...
Minggu, 07 Agustus 2022

Gau Maraja Dulu Dan Kini Banyak Dipertanyakan Cara Seleksinya, Tak Sukseskah Gau Maraja I dan II ?

MAKASSAR (MEDIA INDONESIA HEBAT) Pelaksanaan Festival Gau Maraja III tahun 2022 kini banyak dipertanyakan khsususnya Sanggar Seni yang selama ini banyak memberikan kontribusi terhadap suksesnya Gaumaraja I dan II, ujar salah satu pemerhati sanggar seni yang tak ingin ditulis namanya, Sabtu /6/8/22.

Namun kali ini rencana perhelatannya di bulan September 2022 ini banyak dipertanyakan. Bahwa perekrutan pelaksanaannya dianggap tidak seperti biasanya. Ini berarti pelaksanaan yang perna ada dua kali sebelumnya yakni 2019 dan 2020 tidak berjalan sukses ? Sehingga ada perubahan sistim, ujar nya.

Karena dalam perekrutannya kali ini, menuai disorotan tajam banyak kalangan, terutama Ketua Sanggar Seni yang selama ini aktif dan eksis membina sangar dan ikut di Gau Maraja I dan II.

Bahkan banyak diantaranya mempertanyakan bahwa pelaksanaan Gaumaraja I dan II tidak berjalan sukses padahal menelan anggaran yang sangat besar setiap pelaksanaannya. Bahkan sejumlah pihak meminta agar anggaran besar itu yang digunakan agar di audit setiap selesai pelaksanaan, pungkas orang tersebut.

Hal inilah sejumlah kalangan Sanggar Seni merasa kecewa karena aturan yang sudah sukses berjalan dirubah tehnis dan caranya dalam merekrut.

Menyusul pihak panitia BPNB Sulsel yang melibatkan orang tertentu sehingga aturan seleksinya diawali dengan pengiriman Vidio perorangan untuk menampilkan tarian. Lalu apakah dengan sistim Vidio ini, nantinya tidak lagi melalui proses latihan ?

Sehingga terkesan, bahwa yang ikut ambil bagian dalam Gaumaraja III adalah perorangan. Sanggar Seni sepertinya sangat terkesan bahwa itu bukan lagi lembaga Sanggar Seni.

Pada hal, semangat terbentuknya dari awal Pelaksanaan Gau Maraja adalah membangkitkan semangat kebersamaan anak-anak Sanggar seni dalam berkarya. Menumbuhkan kebersamaan dalam Seni dan memberikan ruang kepada seniman untuk berkarya yang dibalut dengan Kegiatan Gaumaraja dan itu sukses, tidak dengan cara kirim Vidio yang diperankan secara perorangan.

Tampil dalam satu latihan mengasah keterampilan seni gerak tari. Pemain musik dengan kepiawaiannya bermain musik ikut dalam gerakan tari yang ditampilkan. 

Bukan kayak begini sekarang yang seakan-akan perorangan karena mengirim Vidio untuk seleksi sebagaimana yang diperintahkan pihak BPNB Seperti nya bukan  maju dalam kegiatan yang sangat sukses di dua pelaksanaan yang perna ada.

Sementara yang membidangi dalam kegiatan Gaumaraja yang diselenggarakan BPNB Sul-Sel, Aulia Rakhmat saat dikonfirmasi selulernya melalui saluran WA, membenarkan bahwa betul yang bisa ikut didalamnya adalah yang berkirim Vidio sebelumnya.  (Redaksi MediaIndonesiaHebat.com)



0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top