Info update
Loading...
Rabu, 28 Agustus 2024

Mantap 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangkep Resmi Ambil Sumpahnya


PANGKEP (MEDIA INDONESIA HEBAT) Sebanyak 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangkep Resmi Ambil Sumpahnya. Anggota dewan terpilih dari hasil Pileg Februari lalu, resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Pangkep masa jabatan 2024-2029.

Pelantikan ini dilakukan melalui rapat paripurna pengucapan sumpah/janji yang digelar di ruang Sidang A DPRD Kabupaten Pangkep, Rabu (28/8/ 2024).


Ketua DPRD periode 2019-2024, H. Haris Gani, S.Sos.,M.Si memaparkan capaian anggaran serta prestasi yang telah diraih selama masa kepemimpinannya. Ia berharap pencapaian tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pimpinan  sementara DPRD Pangkep, H. Haris Gani, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pemilu Legislatif 2024, khususnya Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu beserta jajarannya.

Pengucapan sumpah hari ini menandai akhir masa jabatan DPRD periode 2019-2024 dan awal masa jabatan 2024-2029. Haris Gani menyampaikan penghargaan kepada anggota DPRD sebelumnya atas pengabdian selama lima tahun dan berharap amal mereka diterima oleh Tuhan YME.

Selama periode lalu, pembangunan Kabupaten Pangkep meningkat dan pengelolaan APBD mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI. Haris Gani mengajak anggota DPRD yang baru untuk bekerja sama membangun sinergi dan menjalankan tugas dengan baik.

“Terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Pangkep, aparat keamanan, dan masyarakat yang telah mendukung proses Pemilu. Haris Gani meminta maaf jika ada aspirasi masyarakat yang belum terwujud dan berharap hari esok akan lebih baik dengan semangat kebersamaan. Dalam demokrasi, yang terpenting adalah keberhasilan demokrasi itu sendiri,” tandas pimpinan sementara DPRD Kabupaten Pangkep.

Acara pelantikan ini turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pangkep. Pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pangkep yang memandu pengucapan sumpah dan janji jabatan anggota DPRD.

Bupati Pangkep Dr. H. Muhammad Yusran Lalogau, juga hadir dalam acara tersebut dan memberikan ucapan selamat kepada para anggota DPRD yang baru dilantik.

“Alhamdulillah, pengambilan sumpah/janji hari ini telah berjalan dengan lancar. Selamat kepada seluruh anggota DPRD Pangkep masa jabatan 2024-2029 yang telah dilantik,” ucap H. Muhammad Yusran Lalogau.



Dalam sambutan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yang disampaikan oleh Dr. H. Muhammad Yusran Lalogau menekankan pentingnya peran DPRD dalam pemerintahan daerah. Ia menyebutkan bahwa anggota DPRD memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi legislasi, fungsi penyusunan anggaran, dan fungsi pengawasan. “Ketiga fungsi ini sangat penting dan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya sebagai bagian dari pemerintahan daerah,” tandasnya.


Muhammad Yusran berharap para anggota DPRD yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan fungsi mereka dengan penuh tanggung jawab untuk kemajuan Kabupaten Pangkep selama masa jabatan lima tahun ke depan.



Juga dikatakan, anggota DPRD punya kedudukan strategis dalam berbagai aspek pembangunan. Dia berharap para anggota dewan yang dilantik bisa menjadi mitra yang baik bagi pemerintah dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

“Ketiga fungsi ini saya yakin dapat dijalankan optimal untuk memastikan setiap kebijakan yang diambil benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Pangkep, Dr. Muhammad Yusran Lalogau menerangkan, pengawasan yang baik akan mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel. Hal ini turut memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintahan.

“Saya yakin dengan komitmen yang kuat kita dapat mewujudkan Pangkep yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing,” pungkas Bupati Muhammad Yusran.

Dari 35 anggota DPRD Pangkep yang dilantik, terdapat beberapa wajah lama kembali terpilih dan beberapa juga muka baru akan menyuarakan aspirasi masyarakat Daerah Tiga Dimensi Kabupaten Pangkep. (RED/MIH/MY)




0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top