Info update
Loading...
Jumat, 27 September 2024

Hebat, Puskesmas Somba Opu Raih Juara I Lomba Getol Bertamasya Kategori Fasyankes dari Pemprov Sulsel

GOWA (MEDIA INDONESIA HEBAT) Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa berhasil meraih Juara I dalam lomba Gerakan Toilet Sehat, Bersih, Aman, dan Nyaman bersama Masyarakat (Getol Bertamasya) Kategori Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes), yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Sulsel pada Pencanangan Ayo Posyandu dan Launching Pappaseng Gizi di Hotel Claro, Makassar, Kamis (26/9).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa dalam mempromosikan kebersihan dan kesehatan khususnya di lingkup fasilitas kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, drg Abdul Haris mengatakan Penghargaan ini diikuti 24 kabupaten/kota yang terdiri dari 5 kategori lomba yaitu Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), perkantoran, sekolah, pasar dan sarana ibadah, dimana tahun ini Kabupaten Gowa berhasil meraih Juara I untuk Kategori Fasyankes yang diwakili oleh Puskesmas Somba Opu. 

 “Kita ingin kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan sarana toilet yang ada dilingkungan kita termasuk fasilitas umum seperti Fasyankes, perkantoran, sekolah, pasar dan sarana ibadah. Karena toilet ini adalah sarana yang sangat dibutuhkan, sehingga dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di kabupaten Gowa yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Somba Opu, dr Tri Octaviani menjelaskan Indikator penilaian lomba meliputi kebersihan toilet, ketersediaan fasilitas, dan kenyamanan bagi pasien, termasuk toilet duduk yang nyaman untuk pengguna. 

“Puskesmas Somba Opu terus berkomitmen menerapkan sejumlah langkah untuk menjaga kebersihan toilet, seperti memastikan toilet selalu bersih, harum, lengkap dengan tempat sampah, tisu, pembalut untuk pasien perempuan, exhaust, air bersih, dan ventilasi yang baik. Dengan berbagai cara inilah mampu mengantarkan Pemerintah Kabupaten Gowa meraih terbaik pertama pada kategori Fasyankes dari Pemprov Sulsel,” sebutnya.

Ia berharap dengan diraihnya penghargaan ini, Pemkab Gowa akan terus berupaya menjaga kebersihan dan kenyamanan toilet sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya menjaga kebersihan fasilitas umum.

“Ini adalah tanggung jawab bersama, baik dari tenaga kesehatan maupun masyarakat, sehingga diharapkan kerjasama yang baik antara tenaga kesehatan dan masyarakat dapat terus terjalin demi menjaga kebersihan fasilitas umum, khususnya di Puskesmas Somba Opu,” harapnya.(RED/MIH/KS)

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top